Peresmian PPG Dilaksanakan di Gedung Art Center Garut

Peresmian PPG Dilaksanakan di Gedung Art Center Garut

 

WGJ Mira Nurnayani

GARUT, WARTAGEMURUH.COM– Bertempat di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi Garut,
mewakili Ketua Dewan Kesenian Garut, Anting Irawan Rg, menyerahkan Panji Pangrawit sebagai simbol resminya pelantikan Ketua Paguyuban Pangrawit Garut terpilih, Rinto Hermawan. Kamis (11/03/2021)

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Garut, Enan dan Asep Mulyana; pihak Dinas Parbud, diwakili Kasi Seni Tradisi, Asep, da Seni Modern,Tantan; serta para tokoh seniman.

Anting Irawan RG, sekaligus  sebagai seniman multi-talenta, juga pernah mendapat penghargaan sebagai motivator seniman muda, dalam sambutannya menyampaikan, sebagai kelompok penata musik tradisional, PPG harus menjadi paling depan.

“Menjadi kelompok  penata musik tradisional yang handal; profesional dan Proporsional,” ujar Anting.

Ditambahkan dia, PPG harus menjadi seniman penata musik yang hebat dan bertanggung jawab sebagai seniman.

“Sabab Luhur Ajen jeung Komara Bangsa gumantung kana Seni jeung Budayana, rek kusaha seni ieu digarap, dipiara , dipirosea, diurus  dikembangkeun sangkan leuwih maju lamun lain ku urang anu bogana (= sebab penghargaan tinggi dan keterhormatan bangsa bergantung pada seni dan budayanya. Oleh siapa lagi seni ini digarap, dipelihara, diperhatikan dan diurus; dikembangkan agar lebih maju, kalau bukan oleh kita),” tutur Anting.

Diharapkan dia, PPG yang dinakhodai Rinto Hermawan dapat membawa para seniman ke arah yang lebih baik.

Wakil Ketua DPRD Garut, Enan, dalam sambutanya, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik adanya Paguyuban Pangrawit Garut.

“Semoga seni dan Budaya di Kabupaten Garut semakin maju sehingga, kenapa tidak, para seniman tradisionalpun jelas punya kontribusi yang positif terhadap yang berkaitan dengan Ekonomi kreatif dan sangat potensi untuk menyerap tenaga kerja,” ungkap Enan.

Berkaitan dengan Gedung Art  Center yang belum terselesaikan secara sempurna, pihak DPRD Garut berjanji akan memperhatikan dan mengawal hal tersebut.

“Sehingga nantinya gedung Art Center betul-betul menjadi Gedung pertunjukan yang refresentatif,” kata Enan.

Sementara, Kasi Seni Tradisi Disparbud Garut, Asep, mengatakan, Art Center tersebut akan diperbaiki sebagaimana kebutuhannya.

“Insyaalloh secara perlahan Art Center ini, akan diperbaiki sesuai dengan kebutuhan Gedung pertunjukan  walaupun tentunya jauh dari sempurna,” tutur Asep.

“Pihak Dinas, Insyaalloh akan tetap berupaya dan berusaha menyelesaikan gedung ini sehingga bisa dipergunakan oleh para seniman sebagai tempat berapresiasi,” sambung dia.

Terpisah, salah seorang panitia acara, Drs. Agus Obar  Santana menjelaskan, acara tersebut sebetulnya sudah sangat lama dibahas dan direncanakan.

Berhubung satu dan lain hal maka pelaksanaan ini baru bisa hari ini,” ujar dia.

Diharapkan Agus Obar yang akrab dipanggil Ejen,  dengan adanya PPG maka para seniman Karawitan bisa bersatu dan membangun sebuah kebersamaan untuk Inovatif, berkarya, berkreasi, dan berprestasi untuk Garut yang kita cintai

“Dari dulu setiap ada acara gebyar budaya mereka yang  dilibatkan hanya sebagian, tapi dengan adanya Paguyuban Pangrawit Garut, insyaalloh berbagai acara yang besar, berbagai acara yang formal maka PPG  bisa diberdayakan,” sambung Ejen memungkas. (Ed. WGJ Wijaya Soma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *