Pencab PDBI Garut Dukung RA Lasminingrat Menjadi Pahlawan Nasional

Pencab PDBI Garut Dukung RA Lasminingrat Menjadi Pahlawan Nasional

WGJ: Bulan Tresyana

Editor Wijaya Soma

GARUT, WARTAGEMURUH.COM– Pengurus Cabang (Pencab) Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Garut menyatakan dukungannya atas  pengusulan Raden  Ajoe (RA) Lasminingrat untuk diangkat sebagai pahlawan nasional.

Disampaikan Ketua Pencab PDBI Kabupaten Garut, Agus Indra Arisandi, S.H.I., dukungan tersebut dengan pertimbangan besarnya peranan  RA Lasminingrat dalam memperjuangkan dunia pendidikan khususnya bagi kaum perempuan, dan juga pelopor perempuan dalam dunia literasi.

“Sejauh ini masih sangat sedikit tokoh-tokoh pejuang perempuan dari Jawa Barat yang mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional, termasuk RA Lasminingrat yang berasal dari Garut,” ujar Agus Indra. Sabtu (22/05/2021).

Diakui Agus Indra, sebagai warga Garut yang memiliki interesan terhadap dunia pendidikan, pihak yang menganggap RA Lasminingrat telah secara proaktif memperjuangkan bidang yang menjadi kebutuhan inntelektulisme masyarakat, yakni dunia pendidikan termasuk dunia literasi yang pada zamannya tidak ada berinisiatif melakukannya.

“Kita bangga sebagai warga Garut. Selain Garut merupakan daerah yang memiliki potensi dalam berbagai bidang, ternyata Garut sejak masa lalu sudah memiliki SDM atau pigur yang sangat penting untuk diingat serta diapresiasi kiprahnya dalam memperjuangkan dunia pendidikan,” tutur Agus.

Dijelaskan Agus, RA Lasminingrat tidak boleh dilupakan karena perjuangannya telah tertoreh sebagai catatan sejarah yang sangat baik.

“Bahkan secara historis telah terbukti, RA Lasminingrat dalam mengembann perjuangan ni telah mampu mendirikan sekolah bagi kaum perempuan yang diberi nama Sakola Kautamaan Istri,” tutur Agus Indra.

Sakola Kautamaan Istri, lanjut Agus, yang sekarang SDN Ranggalawe.

“Kebetulan sekali, saya sendiri adalah alumni SD Ranggalawe V,” sambung Ketua PDBI ini.

Patut disebutnya RA Lasminingrat sebagai pelopor pendidikan, terang Agus, karena jasa tokoh sebagai Urang Garut Asli tersebut, tidak hanya berjuang dalam bentuk fisik, tetapi juga perjuangannya dilakukan dalam bentuk pemikiran.

“Karena itulah beliau pantas disebut sebagai pelopor pendidikan mengingat jasa RA Lasminingrat sedemikian besarnya, termasuk memajukan bidang literasi,” tandas Agus.

Baca juga: Saung Baca Oi Cikal Dukung Penuh RA Lasminingrat Menjadi Pahlawan Nasional

Terkait itupun, tambah Agus, RA Lasminingrat  digelari pula sebagai Ibu Literasi, sebagai bentuk penghormatan atas upaya menyebarluaskan buah tangannya sendiri dalam bidang tulis-menulis; selain RA Lasminingrat juga dianggap sebagai tokoh intelektual pertama di Indonesia.

Atas dasar itu, ditegaskan Agus, pihak PDBI Pengcab Kabupaten Garut sangat berkepentingan mendukung RA Lasminingrat untuk dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Ini merupakan langkah besar yang penting dan harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten, Provinsi sampai pusat,” tegas dia.

“Selain itu, hal ini juga akan memperkaya ilmu sejarah nasional, dan juga akan sangat membantu dalam memperkuat Garut milik Indonesia atau Indonesia memiliki Garut. Serta yang terpenting, akan menumbuhkan sikap nasionalisme yang tangguh bagi generasi bangsa,” tambah Agus.

Menurut Agus, pengusulan RA Lasminingrat sebagai pahlawan nasional juga bagian dari pelurusan sejarah untuk generasi bangsa.

Terakhir Agus menuturkan, wacana pengusulan RA Lasminingrat ini awalnya diusung tokoh sastra asli Garut, Deddy Effendi. Usulan pertama belum terealisasikan. Selanjutnya saat ini terbentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah  (TP2GD), yang diketuai Drs. H Ubun Syachbun, dengan Ketua Panitia Pengusung adalah Oos Supyadin SE MM, yang akan melanjutkan usulan gelar Pahlawan Nasional untuk RA. Lasminingrat.

“Semoga usungan kali ini semakin mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak mengingat RA Lasminingrat layak jadi pahlawan nasional,” pungkas Agus Indra. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *