Lewat Program ‘Daun Pedas’ LAN Salurkan Paket Sembako di Garut Selatan

Lewat Program ‘Daun Pedas’ LAN Salurkan Paket Sembako di Garut Selatan

Tim/Editor Wijaya Soma

GARUT, WARTAGEMURUH.COM– Dalam upaya peningkatan kompetensi sosiokultural, Lembaga Adminsitrasi Negara (LAN) menggelar bakti sosial Dana Untuk Peduli Sesama (Daun Pedas) dengan menyalurkan 300 paket sembako khusus bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 yang berlangsung di Desa Cigadog, Cikelet, Kabupaten Garut. Jum’at (24/09/2021).

Pendistribusian paket sembako tersebut dilaksanakan dengan  menyusuri perkampungan yang beraea di wilayah Desa Cigadog.

Turut mendampingi kegiatan tersebut adalah Staf Ahli Bupati Garut, H. Wawan Nurdin, yang juga sebagai penggagas program Ngumabara Lembur.

Kepala LAN RI, Adi Suryanto, sebagai salah seorang tim rombongan Daun Pedas menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian LAN terhadap sesama terkait dampak pandemi Covid-19.

“Program ini merupakan bentuk kepedulian pegawai LAN kepada sesama, khususnya ketika terjadi Pandemi Covid-19, hal ini diharapkan  juga dapat meningkatkan kompetensi sosiokultural pegawai LAN,” ujar Adi pada Sabtu (25/09/2021) pagi.

Disebutkan pula, penerima manfaat dari program pemberian paket sembako tersebut adalah masyarakat yang telah didata oleh pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Cigadog, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut sehingga dalam proses penyaluran bantuan tim tidak mengalami kesulitan.

Sementara, Kepala Puslatbang PKASN yang memawikil pegawai LAN, Hari Nugraha, mengharapkan, pemberian paket sembako tersebut mampu membantu meringankan masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19, yang telah melanda Indonesia satu tahun lebih.

“Semoga kegiatan “Daun Pedas” ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cigadog, khususnya masyarakat yang membutuhkan, kami menyiapkan sebanyak 300 paket sembako, dengan harapan dapat meringankan kesulitan masyarakat desa Cigadog di saat Pandemi Covid-19,” ungkap Hari.

Selain penyampaian paket sembako, pada kegiatan ini pun LAN melalui program Setia Peduli yang digagas oleh Direktur Poltek STIA LAN, Joni Dawud, menyalurkan 7 set peralatan olahraga yang terdiri atas bola sepak, net, dan bola volly untuk Karang Taruna Desa Cigadog, juga menyerahkan 52 mushaf Al-Qur’an kepada MUI Desa Cigadog.

“Kami Poltek STIA LAN Bandung juga menggagas program setia peduli. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan 7 set peralatan olahraga dan 52 mushaf Al-Qur’an, ini juga salah satu bentuk kepeduliaan kami, semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi karang taruna maupun MUI Desa Cigadog,” tutur Joni.

Terkait kehitan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Kabupaten Garut, Wawan Nurdin, berkenan  menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAN yang telah memilih Desa Cigadog sebagai tempat pelaksanaan baksos Daun Pedas.

Disampaikan Wawan Nurdin, Desa Cigadog merupakan salah satu Desa yang memiliki Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) yang cukup rendah, karena itu pemerintah Kabupaten Garut merancang program yang Bernama Ngumbara Lembur.

“Memang Desa Cigadog ini merupakan salah satu Desa yang memiliki Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) yang cukup rendah. Sehingga pemerintah Kabupaten Garut merancang sebuah program yang Bernama Ngumbara Lembur sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat desa melalui peran BUMDES dalam mengelola Desa Wisata dengan konsep pentahelix di Kabupaten Garut,” papar Wawan Nurdin memungkas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *