Kunjungan DPR RI F-PAN dengan Kades Baru Neglasari Hasilkan Kesepakatan Perkuat Membangun Ekonomi di Sektor Pertanian

Kunjungan DPR RI F-PAN dengan Kades Baru Neglasari Hasilkan Kesepakatan Perkuat Membangun Ekonomi di Sektor Pertanian

KonpelGS_ Adbur
Editor Bulan Tresyana

 

GARSEL,WARTAGEMURUH.COM– Anggota DPR RI Dapil Jabar XII Haerudin Amin S. Ag. MH., atau yang akrab dipanggil Kang Haer tengah silaturahmi ke daerah untuk menyerap aspirasi selain itu mengajak warga agar mewaspadai dan antisipasi wabah covid-19.

Dalam kunjungannya Kang Haer menyampaikan, Peran daerah untuk membumikan protokol kesehatan (prokes) di lingkungannya dinilai lebih efektif dan optimal.
“Peran daerah dinilai lebih efektif untuk membumikan prokes, diharapkan warga sadar untuk taat prokes sesuai anjuran pemerintah,” kata Kang Haer. Sabtu (31/07/2021).

Pertemuan tersebut dihadiri jumlah peserta perwakilan kurang dari 20 orang, pasalnya PPKM masih berlangsung sampai 2 Agustus 2021.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama 40 menit, Kang Haer memaparkan tentang kondisi bangsa saat ini dan dilanjut dengan komitmen untuk menjaga kedaulatan pangan dari sektor pertanian. Sebagai Komisi IX DPR RI dengan lingkup tugas di bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan, menjabarkan potensi pertanian di Kabupaten Garut.

“Allhamdulillah saya bisa  bersilaturahmi dengan masyarakat, dan Kades Neglasari Bapak Agus Sudrajat, S.AP., Kita ketahui bahwa potensi pertanian Garut sangat besar dan potensial, program yang sudah diusung oleh kementerian pertanian dan Komisi IV DPR-RI ini harus mampu meningkatkan kualitas dari hasil ternak, SDM Pertanian yang saat ini harus tetap mampu meningkatkan pengetahuan sehingga dalam hal ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Garut semakin profesional,” katanya.

Ia pun menyampaikan bahwa ditengah wabah pandemi, kita harus mampu menjaga daya tahan tubuh dengan  memanfaatkan apotek hidup disekitar, dan yang terpenting adalah warga sehat, maju dan sejahtera.

“Dalam kesempatan ini, untuk menampung aspirasi masyarakat dan meningkatkan wawasan antisipasi covid, semoga kita dilimpahi berkah rahmat demi kebaikan kita bersama. Dalam rangka perkuat ekonomi saya akan memberikan bantuan bibit jagung dan pupuk, ” Ujar Kang Haer.

Pada kesempatan lain, salah satu isu utama yang diangkat oleh Sudrajat, S. AP., Kades Neglasari Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut yang akrab di sapa Rawing adalah bagaimana caranya agar Desa tersebut bisa keluar dari daerah terisolir dan menjadi daerah kuat secara ekonomi yang di topang dengan sektor pertanian.

“Dari semua persoalan mendasar yang ada di Desa Neglasari adalah akses ekonomi, padahal lahan pertanian kita punya, dan pada kesempatan ini kita perlu bersinergi dalam memajukan sektor pertanian” terang Rawing.

Lanjut Rawing menambahkan, ekonomi masyarakat Desa Neglasari mayoritas bergantung kepada daerah luar atau buburuh dinluar (bekerja di luar kota).
“Namun untuk saat ini katanya warga tidak bisa leluasa karena adanya pemberlakuan aktivitas masyarakat, dan bertani merupakan solusi tepat,” Rawing memungkas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *