Kembangkan Kawasan Perikanan Terpadu, Poktan WANNAJAYA Siap Bergandengan dengan DPMD Ciamis

Kembangkan Kawasan Perikanan Terpadu, Poktan WANNAJAYA Siap Bergandengan dengan DPMD Ciamis

WGJ Jian

WARTAGEMURUH.COM– Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Tani WANNAJAYA mendapat apresiasi dari berbagai pihak hal tersebut dikatakan oleh penasehat Kelompok Tani wannajaya Rahman Taufik yang akrab dipanggil Taufik

Pria yang hobby otomotif Kelahiran Desa Jelat Kecamatan Baregbeg ini mengatakan, Perhatian Pemerintah terhadap konsep kawasan perikanan terpadu milik kelompok tani WANNAJAYA begitu besar.

“Meskipun saat ini aplikasi dilapangan masih menggunakan dana swadaya dan belum mendapatkan bantuan materi yang signifikan dari pemerintah tapi saya secara pribadi dan atas nama kelompok berterima kasih atas perhatian dan dukungannya,” akunya saat ditemui dikediamannya, di Bandung. Senin (22/11/2021).

Taufik juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran pengurus DPD Gemuruh Kabupaten Ciamis yang diketuai oleh Edi Komarudin dan jajaran pengurus lainya.

“Selama ini selalu membina dan membimbing kami, juga dinas dinas terkait sangat mendukung penuh akan konsep kami begitu pula dukungan dari pemerintah desa Jelat dan kecamatan Baregbeg sangat besar kepada kami,” ucapnya.

Kemarin, lanjut Taufik, dirinya dihubungi oleh kepala bidang pemberdayaan masyarakat DPMD ciamis sebagai respon berita tanggal 20 november 2021.

“Beliau menanyakan berbagai hal tentang konsep kawasan perikanan terpadu poktan wannajaya dan akhirnya kami diundang untuk berdiskusi di kantornya,” ujarnya.

Menurutnya, perhatian dan dukungan lebih bernilai dari bantuan secara materi.

“Kami juga sudah berencana untuk berkoordinasi dengan pihak DPMD ciamis melalui kabid pemberdayaan,untuk minta arahan dan pembekalan materi dari pihak pemerintah,supaya kami pada saat pertemuan tanggal 2 desember 2021 dengan pihak investor, pada pelaksanaannya kami mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah karena ini menyangkut pemberdayaan masyarakat nantinya.”

Pemberdayaan masyarakat sedang gencar dijalankan oleh pemerintah kabupaten Ciamis apalagi disaat pandemi covid-19, dampak terhadap ekonomi masyarakat tentu sangat dirasakan sekali.

Dikesempatan lain, lewat sambungan telepon seluler Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMD Ciamis Dania Rahayu yang akrab dipanggil Ayu ini membenarkan bahwa beliau menghubungi Taufik penasehat kelompok tani WANNAJAYA.

“Kami sangat tertarik oleh konsep pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh poktan wannajaya apalagi setelah mendapatkan informasi dari kepala desa jelat bahwa konsep pemberdayaan ini dilakukan secara swadaya dan sudah mulai terlihat hasilnya di lapangan ditambah lagi saya mengenal baik kang Taufik sosok dibalik konsep pemberdayaan ini,” tutur Ayu.

Ayu juga mengatakan, pihaknya merasa yakin dan percaya terhadap kang Taufik, “Kebetulan masa kecil kita sempat bersama 20 tahun lebih kita tidak pernah bertemu karena kesibukan masing-masing.”

Selain kepercayaan terhadap konsep, jelas Ayu, kepercayaan terhadap sosok penggerak juga melandasi pihaknya untuk mengenal lebih jauh tentang konsep pemberdayaan masyarakat ala kelompok tani WANNAJAYA ini,

“Untuk itu saya undang beliau untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang konsep tersebut dan apabila memungkinkan kita bisa bersinergi bergandengan tangan dalam memberdayakan warga,” tutur Ayu.

“Kami akan gali semua potensi yang ada di poktan wannajaya apabila ada yang bisa kita bantu maka akan kami bantu semaksimal mungkin itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai pelayan masyarakat.” pungkanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *