Karang Taruna Desa Mangkalaya Habiskan Jutaan Rupiah untuk Perbaiki Jembatan yang Jadi Akses Satu-satunya ke Sekolah

Karang Taruna Desa Mangkalaya Habiskan Jutaan Rupiah untuk Perbaiki Jembatan yang Jadi Akses Satu-satunya ke Sekolah

WGJ Lutfi Maulana | Editor: WGJ RAB

 

SUKABUMI, WARTAGEMURUH.COM — Kelompok Pemuda Karang Taruna Desa Mangkalaya, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan perbaikan jembatan yang rusah, Senin (5/7/2021).

Karang Taruna Desa Mangkalaya merasa tergerak untuk memperbaiki jembatan yang rusak akibat sebelumnya terjadi kecelakaan tersebut setelah adanya keluhan dan pengaduan warga masyarakat kepada pihak RT dan RW 01 Desa Mangkalaya, Kec. Gunungguruh.

“Jalan ini diperbaiki sama organisasi Karang Taruna Desa Mangkalaya. Berawal dari keluhan dan pengaduan masyarakat kepada RT dan RW 01 Kampung Cibencoy, dikarenakan masyarakat mengeluhkan bahwa jalan tersebut sering sekali terjadi kecelakaan tabrakan ataupun mobil seruduk ke rumah warga,” kata Ketua Karang Taruna Desa Mangkalaya, Abdul Azis kepada wartagemuruh.

Warga setempat, diungkapkan Azis, juga khawatir karena jalan tersebut tidak dilengkapi dengan trotoar untuk pengguna jalan. Padahal menurutnya jalan tersebut merupakan satu-satunya akses masyarakat setempat menuju sekolah.

“Jalan tersebut satu-satunya akses masyarakat ataupun anak-anak yang mau berangkat ke sekolah madrasah,” ungkapnya.

Berangkat dari keluhan tersebut, Karang Taruna Desa Mangkalaya bermusyawarah dengan warga, RT maupun RW setempat untuk mencari solusi atas permasalahan yang menjadi kekhawatiran masyarakat, sampai akhirnya Karang Taruna diberikan kepercayaan oleh masyarakat sebagai problem solver.

“Akhirnya kami Karang Taruna Desa Mangkalaya dikasih kepercayaan sepenuhnya oleh masyarakat untuk melakukan penggalangan dana maupun pengerjaannya. Alhamdulillah sekarang sudah berjalan 2 hari,” beber Azis.

Dalam pengerjaannya, dana yang diproleh untuk kegiatan tersebut sebagian besar berasal dari uang kas Karang Taruna yang selama ini mereka kumpulkan dari hasil iuran anggota dan sebagiannya lagi hasil sumbangsih masyarakat.

Dari dana yang terkumpul, Azis menuturkan, akan dialokasikan untuk perbaikan jalan jembatan dan trotoar yang sebelumnya rusak karena insiden kecelakaan.

“Perencanaan kami terkait perbaikan jalan tersebut hanya untuk memperbaiki jalan yang rusak akibat terseruduk kendaraan. Selain itu kami akan buatkan trotoar khusus buat pejalan kaki,” terangnya.

Pihaknya berharap, hal ini bisa mendatangkan kebermanfaatan bagi masyarakat. Selain itu, Azis juga mengharapkan adanya perhatian yang lebih intensif dari pihak pemerintah terkait keluhan masyarakat dan senantiasa mendukung program-program Karang Taruna, yang untuk kegiatan sosial ini saja pihaknya mengklaim sudah menghabiskan biaya jutaan rupiah.

“Terkait anggaran yang kami keluarkan kurang lebih menghabiskan delapan jutaan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *