DSK Jomantara Tampil dalam Jabar Culture & Tourism Festival 2021 Hibur Bupati dan Tamu Undangan

DSK Jomantara Tampil dalam Jabar Culture & Tourism Festival 2021 Hibur Bupati dan Tamu Undangan

WGJ Mira Nurbayani

GARUT, WARTAGEMURUH.COM– Dapur Seni Kreatif (DSK) Jomantara Garut berkenan turut andil dalam pelaksanaan acara Jabar Culture & Tourism Festival 2021 yang digelar di Pendopo Garut. Senin (22/03/2021)

Tampil dengan seragam tradisional berwana merah, Grup Jomantara unjuk kebolehannya, baik dalam membawakan lagu maupun banyolan-banyolan khas kesenian calung.

Terpantau wartagemuruh.com, para hadirin, termasuk Bupati Garut, Rudy Gunawan, beserta istri, Diah Kurniasari, nampak atunsias menyaksikan tampilan grup Calung Jomantara tersebut.

“Bapak Bupati beserta Istri begitu sangat menyimak tampilan Calung Jomantara. Sesekali mereka tertawa karena terpancing kepiawaian grup Jomantara dalam mengolah banyolan-banyolan yang menyentuh wilayah kewenangan Bupati, khususnya program pengembangan wisata desa,” kata seorang rekan wartawan yang kebetulan meliput acara.

Ketua DSK Jomantara Garut, Anting Irawan RG, akrab disapa Kang Anting, mengungkapkan, pihaknya merasa bangga dapat terlibat dalam acara tersebut.

“Secara pribadi dan atas nama seniman, kami sangat mendukung Jabar Culture & Tourism Festival 2021,” ujar Kang Anting.

Ditambahkan dia, dengan adanya acara tersebut, artinya pemerintah konsen terhadap wisata budaya, termasuk di dalamnya bidang kesenian tradisional, yang satu dengan lainnya tidak bisa dipisahkan.

Terkait tampilan yang disaksikan Bupati Garut, para pejabat, dan para tamu kehormatan lainnya, Kang Anting menyampaikan, tema tampilan yang menjadi dialog bernuansa banyolan tersebut,  diambil dari subtansi kepentingan acara utama, yaitu pengembangan wisata desa.

“Adapun lagu yang kami lantunkan adalah lagu yang berjudul ‘Garut nu Urang’ yang saya ciptakan sendiri,” tutur Kang Anting.

“Alhamdulillah, tampilan kami mendapat applouse dari Bapak Bupati beserta istri, juga dari para tamu undangan lainnya,” sambung Kang Anting.

Ditambahkan Kang Anting, lagu yang kedua, sebagai lagu pelengkap tampilan yang berjudul ‘Parahiyangan’ adalah  lagu ciptaan dia juga sebagai lagu unggulan pada pestival parade lagu-lagu daerah tingkat Nasional di Taman Mini Indonesia Indah.

Diharapkan dia, dengan diadakannya acara tersebut, objek wisata di Jabar, khusunya di garut semakin berkembang serta memiliki bobot seni budaya yang sesuai kultur daerah masing-masing.

“Kami sangat berharap, berkembangnya objek wisata daerah dibarengi dengan berkembangnya seni budaya daerah setempat karena seni budaya sejatinya menjadi kebutuhan utama di setiap daerah. Dunia pariwisata yang ideal adalah yang di dalamnya bermuatan seni dan budaya lokal, satu dengan lainnya tak dapat dipisahkan,” tutup Kang Anting. (Ed. WGJ: WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *