Densus 88 Antiteror Polri Berhasil Menangkap 48 Tersangka Teroris di 11 Wilayah di Indonesia

Densus 88 Antiteror Polri Berhasil Menangkap 48 Tersangka Teroris di 11 Wilayah di Indonesia

WGJ Bulan Tresyana


WARTAGEMURUH.COM–
Detasmen Khusus (Densus) 88 Antiteror sejak 12 hingga 15 Agustus 2021 telah mengamankan 48 orang terduga teroris di berbagai wilayah Indonesia.

Kabag Penum Div. Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan pada konpers secara virtual menjelaskan, dari 48 orang terduga teroris yang diamankan itu, tiga diantaranya tergabung dalam kelompok jaringan media sosial Jamaah Ansharut Daulat (JAD) dan 45 orang lainnya tergabung dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

“Berdasarkan data yang dihimpun mulai Kamis, 12 Agustus sampai dengan Minggu, 15 Agustus 2021, Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap sebanyak 48 tersangka teroris di 11 wilayah di Indonesia,” kata Kombes Ahmad. Senin (16/08/2021).

Kombes Ahmad menjelaskan, mereka yang diamankan itu diduga berasal dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Ia menyebut, tujuh orang yang diamankan itu yakni empat orang di Jawa Timur, satu orang di Sumatera Utara, satu orang di Kalimantan Timur, dan satu orang di Sulawesi Selatan.

“Yang 7 tadi, Sumut nambah 1, Kaltim nambah 1, Jatim nambah 4, Sulsel nambah 1. Jadi 7,” kata Kombes Ahmad.

45 orang yang diamankan itu yakni; DW, HM dan IL yang diamankan di Jambi, AR, SH, IG, SG, FW, JS dan AS di Lampung, AF, ML, RJ, AS dan MD di Banten, MM, WM, FA, BB, NP, MD, LS, KT, DS, dan FS di Jawa Tengah, NS, kedua HP di Sulsel dan satu orang berinisial MD di Kalimantan Barat.

“JI 1 di wilayah Sumut, ada 7 target yang akan dilakukan Gakkum dan telah berhasil ditangkap sebanyak 6 tersangka. Sehingga sisanya 1 tersangka masih dalam pengejaran, 6 tersangka tersebut berinisial RS, IH, AK, RA, HA, dan DY,” sebutnya.

Selanjutnya, di wilayah Jawa Barat, ada 6 target. 5 berhasil ditangkap dan 1 masih dalam pengejaran, pertama FS, US, RH, RS, HM. Di wilayah Jawa Timur, ada 6 target, ada empat yang ditangkap dan 2 masih dalam pengejaran, yang pertama FM, ADP, SES, DAN AP. Di wilayah Maluku ada 2 target yang tertangkap 1 tersangka dan 1 masih dalam pengejaran, yang ditangkap atas nama TE.

Sementara, untuk tiga orang yang tergabung dalam jaringan media sosial JAD di Kalimantan Timur yang telah diamankan yakni WS, RW dan SU

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah menangkap 7 terduga teroris lagi di sejumlah wilayah.

“Sehingga, total yang sudah ditangkap sebanyak 48 orang,” tutup Kombes. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *